Glosarium Blog

Kategori Label

Anime
Lagu tema/tie-in untuk series/movie dalam bentuk animasi 2D/3D yang diproduksi oleh studio anime di Jepang.

Idol
Artis-artis perempuan grup/solo Jepang yang mengusung konsep peridolaan atau menggolongkan dirinya sebagai idola.

JPop
Lagu yang dinyanyikan oleh artis Jepang/didistribusikan oleh label rekaman Jepang tanpa ada tie-in dengan Anime/Game/Drama/Live Action serta tidak mengusung konsep peridolaan atau menggolongkan dirinya sebagai idola.

KPop
Lagu yang dinyanyikan oleh artis Korea/didistribusikan oleh label rekaman Korea, terbatas untuk versi bahasa Jepang saja. Dalam kasus tertentu, artis Korea/Jepang yang menyanyikan lirik bahasa Korea lebih dari 10 baris atau setengah dari total baris lirik lagu.

Dubbing Version
Lagu tema untuk series/movie yang diproduksi di luar Jepang yang dinyanyikan dalam versi bahasa Jepang.

Drama
Lagu tema untuk series/movie dalam bentuk live action non-adaptasi Manga/Anime/Game.

Live Action
Lagu tema untuk series/movie dalam bentuk live action adaptasi Manga/Anime/Game.

Game
Lagu tema untuk game yang diproduksi di Jepang.

Vocaloid
Lagu yang dinyanyikan menggunakan software khusus dari suara karakter-karakter fiksi tertentu.

Utaite
Artis-artis Jepang yang mayoritas mendistribusikan lagunya secara indie (non-komersial) melalui NicoNico/Youtube/Acara Konvensi serta mengusung identitas anonim atau menggolongkan dirinya sebagai utaite.

VTuber
Artis-artis dalam bentuk karakter fiksi (virtual) yang berprofesi layaknya Youtuber serta mayoritas mendistribusikan lagunya melalui Youtube.

PV SUB
Link download Music Video dengan subtitle Romaji-Kanji-Indonesia di dalam postingan Lirik+Terjemahan.


Peletakan Nama Lengkap Jepang

1. Real-life Artists/Fictional Anime Character
[Nama Depan-Nama Belakang]
Contoh: Mayu Watanabe, Hikaru Utada, Haruhi Suzumiya

2. Virtual Youtuber/Vocaloid
[Nama Belakang-Nama Depan]
Contoh: Hatsune Miku, Kizuna Ai, Kaguya Luna




Major
Single/Album yang dirilis dalam bentuk kaset CD. Biasanya digital diriliskan menyusul atau tidak diriliskan (tergantung kebijakan rekaman label).

Digital
Single/Album yang dirilis melalui platform musik digital seperti iTunes, Spotify, YouTube Music, dll. Biasanya dirilis lebih dulu sebelum perilisan resmi kaset CD atau tanpa ada perilisan kaset CD (tergantung kebijakan rekaman label).

Indie
Single/Album yang dirilis secara independen tanpa bantuan promosi komersial dari rekaman label, dijual terbatas melalui acara konser/konvensi/beberapa toko tertentu.

Best
Album yang dirilis berupa kompilasi lagu-lagu rilisan sebelumnya.

Miscellaneous
Single/Album yang dirilis tidak dalam urutan perilisan utama atau berisi konten yang berbeda dari konten umumnya. Biasanya berisi lagu kolaborasi atau dinyanyikan oleh sub-unit.

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Min, bedanya vocaloid, vtuber, dan utaite itu apa? Saia masih belum paham:'D bukannya mereka sama-sama pke char kek anime trs nyanyi ato ngomong gitu, ya?'-'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm.... Tidak seperti itu cara melihatnya... Hanya karena semuanya menggunakan "gambar karakternya kayak anime" tidak berarti mereka semua sama persis. Makanya masing-masing menggolongkan diri, supaya tidak membingungkan audiens lain. Bahkan kadang fans sejati pun bisa sampai menekankan banget mana bedanya Vocaloid/VTuber, kedua-duanya itu terutama yaa... biar nggak menyesatkan terus orang awam jadi menganggap semuanya itu sama. Intinya, serupa tapi tak sama :-)

      Vocaloid itu kentara dari suaranya, karena suaranya hanya di-"sampel" dari suara manusia, setelah itu diolah/mixing menjadi tone yang jauh berbeda dari suara asli manusia (makanya kebanyakan suara vocaloid jadi seperti suara robot.) Karena suara Vocaloid sudah di-sampel dan dimasukkan ke dalam software (nah di sini penekanannya, dibuat menjadi sebuah produk yaitu software), orang-orang bisa bebas bikin lagu dan mixing suara Vocaloid untuk karya lagunya: bikin musik, lagu, memasukkan vokal, semuanya tinggal pakai komputer/gadget dan nggak pakai orang penyanyinya langsung lagi :-) Terus ini, kalaupun Vocaloid ngomong (di konser), suaranya masih kedengaran robot.

      Habis itu, Virtual YouTuber atau VTuber. Persis istilahnya sendiri, karakternya diciptakan/digambarkan "virtual" yang memiliki peran layaknya YouTuber: mereka mengobrol dan berinteraksi dengan fans/penonton di YouTube. Dari suaranya pun sudah jelas mereka diisisuarakan sama manusia, pakai voice actor/actress, jadi tiap video pun suaranya nggak ekspresi monoton. Kalau mereka menyanyi itu untuk menambah jumlah karya selain talk video, sekalian menjangkau lebih banyak fans yang cenderung menikmati musik.

      Kalau Utaite, mereka memang tujuannya untuk menyanyi (kebanyakan cover lagu yang sudah ada, bahkan lebih sering cover lagunya Vocaloid, jadinya ada lagu judul sama yang nyanyinya suara manusia, bukan suara Vocaloid). Dari namanya sendiri sudah jelas sih, ada kata "uta"-nya yang artinya lagu. Gambar/ilustrasi karakter hanya mempermanis, karena memang kebanyakan Utaite lebih ingin menjaga privasi sehingga tidak melakukan face reveal. Yang merasa sudah bisa berinteraksi dengan fans, mereka baru akan membuat talk video di YouTube (bisa ditutupi gambar karakternya, atau muka ditutupi masker).

      Kalau mau disingkat: Bedanya ada pada peran dan jenis suaranya :-)

      Vocaloid: suara sampel program, tampil di konser.
      VTuber/Utaite: suara manusia, lebih sering muncul di video streaming.

      VTuber sama Utaite pun masih beda ya :-)
      VTuber menonjolkan karakternya saja, kalau Utaite ke bakat suaranya sendiri. Bahkan Utaite yang sudah debut label komersial ada yang face reveal, contohnya Reol atau Akari Nanawo :-)

      Masing-masing sudah ada wikinya sendiri untuk penjelasan sama daftar nama-nama lengkapnya, budayakan membaca ya :')
      - Vocaloid Wiki
      https://vocaloid.fandom.com/wiki/Vocaloid_Wiki
      - Virtual Youtuber Wiki
      https://virtualyoutuber.fandom.com/wiki/Virtual_YouTuber_Wiki
      - Utaite Wiki
      https://utaite.fandom.com/wiki/Utaite

      Sekian penjelasan panjang lebar Mimin :') Senang membantu :')

      Hapus
    2. Hoo gitu'-' saia jadi lebih paham:-D makasih, min:'D maaf klo merepotkan mimin:'D

      Hapus